Saturday 24 March 2018

Visi Dan Misi serta beberapa info tentang "Bank BNI"


Sejarah Bank BNI 
D
idirikan pada tanggal 5 Juli 1946, PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk atau BNI menjadi bank pertama milik negara yang lahir setelah kemerdekaan Indonesia. Lahir pada masa perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, BNI sempat berfungsi sebagai bank sentral dan bank umum sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 2/1946, sebelum akhirnya beroperasi sebagai bank komersial sejak tahun 1955. Oeang Republik Indonesia atau ORI sebagai alat pembayaran resmi pertama yang dikeluarkan Pemerintah Indonesia pada tanggal 30 Oktober 1946 dicetak dan diedarkan oleh Bank Negara Indonesia.
Menyusul penunjukan De Javache Bank yang merupakan warisan dari Pemerintah Belanda sebagai bank sentral pada tahun 1949, Pemerintah membatasi peran BNI sebagai bank sentral. BNI lalu ditetapkan sebagai bank pembangunan dan diberikan hak untuk bertindak sebagai bank devisa pada tahun 1950 dengan akses langsung untuk transaksi luar negeri. Kantor cabang BNI pertama di luar negeri dibuka di Singapura pada tahun 1955.
Peranan BNI untuk mendukung perekonomian Indonesia semakin strategis dengan munculnya inisiatif untuk melayani seluruh lapisan masyarakat dari Sabang sampai Merauke pada tahun 1960-an dengan memperkenalkan berbagai layanan perbankan seperti Bank Terapung, Bank Keliling, Bank Bocah dan Bank Sarinah. Tujuan utama dari pembentukan Bank Terapung adalah untuk melayani masyarakat yang tinggal di kepulauan seperti di Kepulauan Riau atau daerah yang sulit dijangkau dengan transportasi darat seperti Kalimantan. BNI juga meluncurkan Bank Keliling, yaitu jasa layanan perbankan di mobil keliling sebagai upaya proaktif untuk mendorong masyarakat menabung.
Sesuai dengan UU No.17 Tahun 1968 sebagai bank umum dengan nama Bank Negara Indonesia 1946, BNI bertugas memperbaiki ekonomi rakyat dan berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi nasional.
Segmentasi nasabah juga telah dibidik BNI sejak awal dengan dirintisnya bank yang melayani khusus nasabah wanita yaitu Bank Sarinah di mana seluruh petugas bank adalah perempuan dan Bank Bocah yang memberikan edukasi kepada anak-anak agar memiliki kebiasaan menabung sejak dini. Pelayanan Bank Bocah dilakukan juga oleh anak-anak. Bahkan sejak 1963, BNI telah merintis layanan perbankan di perguruan tinggi saat membuka Kantor Kas Pembantu di Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan. Saat ini BNI telah memiliki kantor layanan hampir di seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta terkemuka di Indonesia.
Dalam masa perjalanannya, BNI telah mereposisi identitas korporatnya untuk menyesuaikan dengan pasar keuangan yang dinamis. Identitas pertama sejak BNI berdiri berupa lingkaran warna merah dengan tulisan BNI 1946 berwarna emas melambangkan persatuan, keberanian, dan patriotisme yang memang merefleksikan semangat BNI sebagai bank perjuangan. Pada tahun 1988, identitas korporat berubah menjadi logo layar kapal & gelombang untuk merepresentasikan posisi BNI sebagai Bank Pemerintah Indonesia yang siap memasuki pasar keuangan dunia dengan memiliki kantor cabang di luar negeri. Gelombang mencerminkan gerak maju BNI yang dinamis sebagai bank komersial Negara yang berorientasi pada pasar.
Setelah krisis keuangan melanda Asia tahun 1998 yang mengguncang kepercayaan masyarakat terhadap perbankan nasional, BNI melakukan program restrukturisasi termasuk diantaranya melakukan rebranding untuk membangun & memperkuat reputasi BNI. Identitas baru ini dengan menempatkan angka ‘46’ di depan kata ‘BNI’. Kata ‘BNI’ berwarna tosca yang mencerminkan kekuatan, keunikan, dan kekokohan. Sementara angka ‘46’ dalam kotak orange diletakkan secara diagonal untuk menggambarkan BNI baru yang modern.

Visi dan Misi BNI
Misi BNI: 
"Menjadi Lembaga Keuangan yang Unggul dalam Layanan dan Kinerja"
Visi BNI : 

  1. Memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada seluruh nasabah, dan selaku mitra pilihan utama.
  2. Meningkatkan nilai investasi yang unggul bagi investor.
  3. Menciptakan kondisi terbaik bagi karyawan sebagai kebanggaan untuk berkarya dan berprestasi.
  4. Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab kepada lingkungan dan komunitas.
  5. Menjadi acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang baik bagi industri.

Penghargaan yang pernah diraih 
  • Best Trade Finance Bank dan Best Cash Management Bank yang kesepuluh kalinya dari Alpha Southest Asia Best Financial Institution Awards.
  • Best Local Cash Management Bank in Indonesia (as voted by Large and Medium Corporates) dan 2nd Best Local Cash Management Bank in Indonesia (as voted by Small Companies) 2016 dari Asiamoney.
  • Best in Cash Management Indonesia Bank 2016 dari CFO Innovation.
  • Most Trusted Company based on Investors and Analysts Assesment Survey 2016 dari Majalah SWA.
  • Most Trusted Company based on Corporate Governance Perception Index (CGPI) 2016 dari Majalah SWA.
  • Best State Owned Enterprise 2016 dari Indonesia Institute for Corporate Directorship.
  • Peringkat I Sustainability Reporting Award 2016 dari NCSR.
  • Peringkat II Sustainable Finance Award 2016 dari Otoritas Jasa Keuangan.
  • Best Digital Brand (Kartu Kredit Bank Umum Konvesional) dari Infobank.
  • Rekor Muri berupa Pembukaan 100.000 Rekening Tabungan SIMPEL saat Program Makassar Smart Student Card 2016.
  • Rekor Bisnis 2016 dari Koran Sindo dan Tera Foundation.
  • Indonesia Best e-Mark Award 2016 dari Telkom University.

Budaya BNI
Berberapa budaya yang diterapkan oleh Bank BNI agar tercapainya tujuan Bank BNI 

Budaya Kerja BNI "PRINSIP 46" merupakan tuntunan perilau insan BNI, terdiri dari :

4 (Empat) Nilai Budaya Kerja BNI :
1. Profesionalisme
2. Integritas
3. Orientasi Pelanggan
5. Perbaikan Tiada Henti

6 (Enam) Nilai Perilaku Utama Insan BNI
1. Meningkatkan Kompetensi dan Memberikan Hasil Terbaik
2. Jujur, Tulus dan Ikhlas
3. Disiplin, Konsisten dan Bertanggungjawab
4. Memberikan Layanan Terbaik Melalui Kemitraan yang Sinergis
5. Senantiasa Melakukan Penyempurnaan
6. Kreatif dan Inovatif

Setiap Nilai Budaya Kerja BNI memiliki Perilaku Utama yang merupakan acuan bertindak bagi seluruh Insan BNI, 6 (enam) Perilaku Utama Insan BNI adalah :
4 NILAI
BUDAYA KERJA BNI
6 NILAI PERILAKU UTAMA
INSAN BNI
Profesionalisme
(Professionalism)
  • Meningkatkan Kompetensi dan Memberikan Hasil Terbaik
Integritas
(Integrity)
  • Jujur, Tulus dan Ikhlas
  • Disiplin, Konsisten dan Bertanggungjawab
Orientasi Pelanggan
(Customer Orientation)
  • Memberikan Layanan Terbaik Melalui Kemitraan yang Sinergis
Perbaikan Tiada Henti
(Continuous Improvement)
  • Senantiasa Melakukan Penyempurnaan
  • Kreatif dan Inovatif

BNI selalu percaya bahwa pegawai merupakan salah satu aset paling berharga bagi organisasi dan perusahaan manapun. Keberlanjutan tidak akan mungkin dicapai tanpa andil dari pegawai. BNI pun berusaha menciptakan kondisi dan pengalaman bekerja terbaik untuk seluruh pegawai. BNI menginginkan setiap pegawai merasa bangga menjadi bagian dari keluarga BNI serta dapat berkarya dan menorehkan prestasi bersama. Tentunya, tanpa dedikasi dan kerja keras seluruh pegawai, BNI tidak akan mungkin tumbuh dengan balk dan mencapai keberlanjutan


Kode Etik
Sebagaimana kita ketahui bersama, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (“BNI”) senantiasa berupaya berupaya menjalankan usaha sesuai dengan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (“GCG”) sebagaimana dikehendaki oleh segenap stakeholder. Untuk mewujudkan hal itu, BNI telah memiliki Code of Conduct (CoC) yang dinamakan Kode Etik BNI. CoC merupakan pedoman internal perusahaan yang berisikan sistem nilai, etika bisnis, etika kerja, komitmen, seta penegakan terhadap peraturan-peraturan perusahaan baik Insan BNI dalam menjalankan bisnis dan aktivitas lainnya, serta dalam berinteraksi dengan para pemangku kepentingan. Kode Etik BNI pertama kali dicanangkan oleh Direksi Nomor DIR/285 tanggal 10 Agustus 2001 dengan sebutan Code of Conduct Bank BNI.
Untuk mempercepat pencapaian visi, BNI melakukan revitalisasi dengan melakukan review Code of Conduct Bank BNI. Sejalan dengan perubahan call name Bank BNI menjadi BNI, maka sebutannya berubah menjadi Code of Conduct BNI atau disingkat dengan CoC BNI. Maksud dan tujuan dari revitalisasi Kode Etik BNI antara lain adalah pertama, untuk menyempurnakan pedoman etika bagi seluruh Insan BNI dalam menjalankan aktivitas perusahaan serta lebih mendorong pemahaman dan kesadaran insan BNI terhadap penerapan prinsip-prinsip GCG. Kedua, sebagai kriteria dalam menilai apakah individu di dalam perusahaan telah berperilaku sesuai dengan yang diinginkan perusahaan atau menyimpang dari peraturan tersebut. Ketiga, mengidentifikasi standar-standar dan etika dalam perusahaan agar sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Implementasi CoC di atas, diharapkan mampu menciptakan suasana kerja yang kondusif bagi segenap Insan BNI, serta menciptakan kerja sama tim yang solid.
Pada kesempatan yang membahagiakan ini, saya mengharapkan seluruh Insan BNI di manapun berada, agar mempedomani dan melaksanakan CoC dengan sungguh-sungguh dan konsisten, khususnya dalam melaksanakan tugas sehari-hari, sehingga visi dan misi bank yang kita cintai ini dapat segera terealisasi.


Referensi :
http://www.bni.co.id/id-id/perusahaan/tentangbni/sejarah
http://www.bni.co.id/id-id/perusahaan/tentangbni/visimisi
http://www.bni.co.id/id-id/perusahaan/tentangbni/penghargaan
http://www.bni.co.id/id-id/perusahaan/tentangbni/budayaperusahaan

Alexander

Author & Editor

Nama gua Alexander , dari universitas Gunadarma jurusan Teknik Informatika 2017, blog ini gua buat sebagai prasarana untuk ngeshare tugas-tugas gua yang pernah gua kerjaiin . Semoga bermafaat bagi kalian yah. Thanks for visit :)

8 comments:

Please comment my blog !!!