Saturday 20 January 2018

Tugas ISD 3 - Permasalahan Di Indonesia



Makalah Permasalahan Di Indonesia 
"Geng Motor"





BAB I

PENDAHULUAN


A.  Latar belakang Masalah

            Kenakalan remaja akhir-akhir ini sangat memprihatinkan. Mulai dari  merokok, pergaulan bebas, sampai           ke tingkat yang lebih parah seperti tawuran bahkan membentuk suatu geng yang yang kita kenal sebagai             geng motor. Awalnya geng motor hanya perkumpulan anak-anak remaja yang hobi ngebut-ngebutan                     dengan motor, baik siang maupun malam hari. Mereka melakukan balapan motor alias trek-trekan di                     jalanan umum. Namun akhir-akhir ini geng motor mulai meresahkan masyarakat, bahkan aksi brutal geng             motor menyebabkan banyak korban meninggal dunia termasuk anggota geng itu sendiri.
B.  Rumusan Masalah
1.    Apakah geng motor itu ?
2.    Apa faktor penyebab remaja terlibat dalam geng motor?
3.    Bagaimana terbentuknya Geng Motor?
4.    Geng motor apa yang terkenal dan apa ciri khasnya ?
5.    Permasalahan apa saja yang ditimbulakan dengan adanya geng motor?
6.    Bagaimana tanggapan masyarakat mengenai aksi kebrutalan geng motor tersebut?




BAB 2

PEMBAHASAN


A.  Pengertian Geng Motor

Geng motor adalah kumpulan orang-orang pecinta motor yang gemar kebut-kebutan, tanpa membedakan jenis motor yang dikendarai. Perlu dibedakan antara geng motor dengan Club Motor. Club Motor biasanya mengusung merek tertentu atau spesifikasi jenis motor tertentu dengan perangkat organisasi formal, seperti HDC (Harley Davidson Club), Scooter (kelompok pecinta Vesva), kelompok Honda, Mio,  kelompok SuzukiTiger. Ada juga Brotherhood kelompok pecinta motor besar tua. Tapi kalau soal aksi jalanan, semuanya sama saja. Kebanyakan sama-sama merasa jadi raja jalanan, tak mau didahului, apalagi disalip oleh pengendara lain.

B.  Faktor Penyebab Remaja Terlibat dalam Geng Motor

Tentunya sangat banyak faktor penyebab remaja terjerumus ke dalam kawanan geng motor. Namun, salah satu penyebab utama mengapa remaja memilih bergabung dengan geng motor adalah kurangnya perhatian dan kasih sayang orang tua. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh terlalu sibuknya kedua orang tua mereka dengan pekerjaan, sehingga perhatian dan kasih sayang kepada anaknya hanya diekspresikan dalam bentuk materi saja. Padahal materi tidak dapat mengganti dahaga mereka akan kasih sayang dan perhatian orang tua.

C.  Terbentuknya Geng Motor

Mulanya kumpul-kumpul sesama pecinta motor, kemudian berubah jadi geng yang beranggotakan puluhan bahkan ratusan orang. Di jalanan, mereka membentuk gaya hidup yang terkadang menyimpang dari kelaziman demi menancapkan identitas kelompok. Ngetrack, kebut-kebutan, dan tawuran adalah upaya dalam pencarian identitas mereka.Selama ini banyak anggota geng motor itu dari kalangan anak-anak Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan menggunakan berbagai jenis motor. Mereka berkeliaran di malam hari sekitar pukul 23.00 sampai 03.00, dan melakukan berbagai keonaran, penganiayaan dan kejahatan lainnya, bahkan sampai membunuh.

D.  Permasalahan yang Ditimbulkan oleh Geng Motor

Tindakan yang dilakukan geng motor belakangan ini kian meresahkan warga. Geng motor kini memang menjadi salah satu perhatian utama pihak berwenang karena tindakan mereka kian berani. Selain meminta korban sesama anggota geng, tindakan mereka juga mengambil korban masyarakat biasa. Tak salah jika masyarakat menyebut geng-geng motor tersebut tidak berbeda dengan perampok atau pencuri. Tindak kejahatan yang dilakukan sebagian besar perampasan barang berharga milik korban, seperti uang, HP, dompet, hingga motor.

E.   Tanggapan Masyarakat Terhadap Aksi Kebrutalan Geng Motor

Keberadaan Geng Motor yang sudah mengganggu ketentraman masyarakat yang juga sering terlibat tindak pidana kriminal agar segera dibubarkan dan ditumpas. Terkait masalah Geng Motor yang sudah meresahkan masyarakat itu, Menteri Pemuda dan Olahraga meminta pihak yang berwenang agar menumpas dan membubarkan Geng Motor. Para pelaku kejahatan yang berhimpun dalam Geng tersebut, harus ditindak sesuai hukum.Sedangkan bagi anggota yang tidak terlibat pelanggaran hukum, perlu segera disadarkan dan ditangani secara persuasif.

G.  Upaya Mencegah Geng Motor

Keberadaan geng motor sebagai kelompok kriminal, tentunya harus mendapatkan perhatian serius dari semua pihak antara lain:
     1.   Masyarakat
          Masyarakat sebaiknya tidak segan untuk memberikan informasi mengenai pentolan atau gegedug gengster yang biasa mengatur jadwal dan mengerahkan anggotanya untuk beraksi di jalan.
     2.   Pihak sekolah
            Pihak sekolahmampu untuk mengumpulkan profil pelajar yang terlibat dan menyelidiki sejauh mana                   keterlibatannya Dan melakukan revitalisasi terhadap fungsi dan peran Bimbingan Konseling dan                            kegiatan ekstrakulikuler.
    3.   Pihak keluarga (orang tua)
           Orang tua harus mampu memberikan perhatian terhadap setiap kegiatan anaknya dengan                                  menciptakan suasana komunikasi yang bercorak demokratis, dan berpikir matang mengenai tepat atau                 tidaknya memberikan motor kepada anak remajanya.
     4.   Peran pemerintah
            Pemerintah sangat penting di dalam keterlibatan proses perkembangan komunitas remaja dengan                      memperbaiki ruang sosial dan fisiknya. Peran pemerintah sangat penting di dalam keterlibatan proses                  perkembangan komunita remaja dengan memperbaiki ruang sosial dan fisiknya. Belajar pada kota                        Columbia-AS misalnya, sebagaimana yang dijelaskan oleh Donald C. Klein (2005) bahwa kota tersebut                mewujudkan program-program perbaikan ruang sosial dan fisik bagi komunita remaja yang bertujuan                    untuk meminimalisir lahirnya konflik yang dilakukan oleh komunita tersebut, terutama komunita remaja                  ras kulit hitam.



BAB 3

PENUTUP

A.  Kesimpulan

1.   Geng motor merupakan wadah yang mampu memberikan gejala watak buruk anak muda. Perkembangannya, tak lepas dari trend dan mode yang sedang berlangsung saat itu.
2.   Penyebab remaja terlibat dalam geng motor yaitu kurangnya kurangnya perhatian dan kasih sayang orang tua, dan ajakan dari teman.
3.   Anggota geng motor tidak lebih dari anak-anak yang kurang perhatian dari orang tua mereka. Mereka itu ingin cari perhatian dan dipuji-puji rekan satu gengnya karena di rumah tidak mendapat kasih sayang orang tua.
4.   Ada empat geng terkenal, yakni Exalt To Coitus (XTC), Grab On Road (GRB), Berigadir Seven (Briges) dan Mounraker yang pada hakikatnya memiliki ‘ideologi’ sama.
5.   Salah satu sebabnya kebrutalan adalah selain dekat dengan minuman keras, anggota geng motor juga akrab dengan obat-obatatan terlarang.
6.   Samurai merupakan senjata khas mereka. Senjata lainnya yakni golok, stik soft ball, bom molotof bahkan senjata api jenis pistol.
Tidak ada sesuatu yang tidak bisa diselesaikan. Jika ada kemauan tentulah ada jalan keluarnya.Dalam persoalan geng motor, resepnya hanya satu, keterlibatan semua pihak, terutama keluarga untuk memberi bimbingan yang terbaik untuk anak-anaknya.

B.  Saran

Para pelaku kejahatan yang berhimpun dalam Geng tersebut, harus ditindak sesuai hukum. Sedangkan bagi anggota yang tidak terlibat pelanggaran hukum, perlu segera disadarkan dan ditangani secara persuasif. Diperlukan semua pihak yang terkait dengan kehidupan umat beragama, untuk benar-benar memahami betapa pentingnya ajaran agama dan peningkatan amaliahnya. Proses penyadaran anggota geng motor harus dilakukan dengan bimbingan konseling yang mendalam dari ahlinya masing-masing.
Sebaiknya sebelum kita mencoba untuk menjadi salah satu anggota seharusnya berfikirlah yang panjang.Selain itu sebaiknya kita jauhi apapun yang berbau kelompok informal yang memberikan dampak negative.Karena lebih baik menghindar daripada mengobati. Selain itu kita harus mengerti apa konsekuensi dari keputusan yang kita ambil jika kita tidak mau menyesal kelak.










Alexander

Author & Editor

Nama gua Alexander , dari universitas Gunadarma jurusan Teknik Informatika 2017, blog ini gua buat sebagai prasarana untuk ngeshare tugas-tugas gua yang pernah gua kerjaiin . Semoga bermafaat bagi kalian yah. Thanks for visit :)

0 comments:

Post a Comment

Please comment my blog !!!