Saturday 20 January 2018

Tugas 2 - Menganalisa Berita Di E-Newspaper



Menganalisa Masalah Korupsi E-KTP







RUMUSAN PERMASALAHAN :

      Hari berganti, penyidik KPK berencana memanggil Novanto untuk diperiksa sebagai tersangka pada Rabu, 15 November kemarin. Tapi ternyata ia tidak hadir.
Setya Novanto beralasan tidak dapat datang ke KPK, karena hadir dalam rapat paripurna ke-11 DPR RI. Setya Novanto hadir untuk memberikan pidato pembukaan masa persidangan kedua.
       Ini bukan kali pertama Setya Novanto mangkir dari panggilan KPK. Dari 11 kali pemanggilan, Setya Novanto 8 kali mangkir dan hanya hadir di tiga pemanggilan saja.
Saat itu, Setya Novanto hadir untuk diperiksa sebagai saksi bagi Sugiharto, salah satu aktor dalam kasus ini. Yakni pada 13 Desember 2016 dan 10 Januari 2017.
       Sekali lagi Setya Novanto hadir saat diperiksa menjadi saksi untuk tersangka Andi Agustinus alias Andi Narogong. Lalu ke mana Setya Novanto 8 kali pemanggilan lainnya?
Tercatat 8 kali tidak hadir, Setya Novanto memiliki berbagai alasan. Mulai dari sakit, tengah berdinas sebagai wakil rakyat, berdalih KPK tidak memiliki izin dari presiden, hingga menggunakan hak imunitasnya sebagai anggota dewan.


ANALISIS PERMASALAHAN :

     Sakit sering menjadi alasan seseorang untuk mangkir dari pemanggilan aparat penegak hukum. Seperti yang yang dilakukan Ketua DPR Setya Novanto saat dipanggil KPK pada Senin (11/9) sebagai tersangka kasus korupsi e-KTP.
     Politisi Golkar itu beralasan gula darahnya naik, namun kemudian berubah menjadi vertigo. Mangkirnya Novanto dengan alasan sakit ini bukan pertama kalinya. Ketika masih berstatus saksi Novanto mangkir dengan alasan vertigo, tepatnya pada 7 Juli 2017.
     Kemudian ia juga mangkir karna terkena musibah mobil yang ia tumpangi menabrak tiang listrik, kemudian airback mobil yang ia tumpangi bermasalah dan tidak berfungsi. Dengan kejadian tersebut Novanto dilarikan ke rumah sakit dan ketika jadwal persidangan tiba ia tidak menghadirinya karna doctor dari Novanto melarang Novanto untuk kerpersidangan karna Novanto belum sehat dan blum bisa untuk pergi menjalani persidangan.


VERIFiKASI PERMASALAHAN :
    
       Menurut analisa saya , mengapa Novanto sering mangkir dari jadwal persidangan yang telah ditetapkan dengan beralasan sakit, lupa dll. Karna Novanto takut bahwa ia akan terbukti bersalah karna persidangan itu , maka dari itu ia memilih jalan untuk mangkir dari persidangan agar tidak terbukti bersalah ataupun mengundur jadwal persidangan yang telah dijadwal kan.


KESIMPULAN :
    
      Memang sering kali Novanto mangkir dari persidangan , menurut data yang saya peroleh Novanto telah mangkir 9 kali persidangan yang sudah dijadwalkan dengan berbagai alasan sakit,lupa, dll. Tetapi ahirnya Novanto ditetapkan sebagai tersangka oleh pengadilan , dan pengadilan sedang memeriksa apakah benar alasan Novanto dalam mangkir dipersidangan. 




TERIMAKASIH :)

#maaf apabila ada salah informasi ataupun kata-kata dalam penulisan tugas artikel ini



Alexander

Author & Editor

Nama gua Alexander , dari universitas Gunadarma jurusan Teknik Informatika 2017, blog ini gua buat sebagai prasarana untuk ngeshare tugas-tugas gua yang pernah gua kerjaiin . Semoga bermafaat bagi kalian yah. Thanks for visit :)

0 comments:

Post a Comment

Please comment my blog !!!